September 16, 2021 2:47 am

Kiat Mengoptimalkan Performa Windows 10 dengan Langkah Sederhana

Jika Anda ingin mengoptimalkan Windows 10 maka Anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini.  

Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 maka kebutuhan akan kecepatan menjadi standar yang tidak bisa diabaikan. Pasalnya, segala pekerjaan akan cepat selesai tanpa mengalami hambatan. Nah, beberapa panduan dibawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan buat Anda.  

Mengubah pengaturan daya  

Jika Anda menggunakan paket “Power Save” Windows 10, maka sebenarnya Anda memperlambat PC. Mengapa? Karena paket yang ditawarkan mengurangi kinerja PC untuk menghemat energi. Nah, pastikan Anda mengubah paket daya dari Power saver” to “High performance” or “Balanced” sehingga mampu membuat peningkatan kinerja secara instan. 

Yang Anda lakukan adalah membuka aplikasi Control Panel, lalu pilih Hardware and Sound> Power Options . Biasanya Anda akan melihat dua opsi yaitu “Balanced (recommended)” and “Power saver.” rencana daya 

Nonaktifkan program yang berjalan  

Salah satu alasan PC Windows 10 mungkin terasa lamban adalah karena Anda memiliki terlalu banyak program yang berjalan. Untuk itu, segera hentikan agar PC Anda berjalan lebih lancar. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka Task Manager dan selanjutnya Tekan Ctrl-Shift-Esc. 

Klik kanan sudut kanan pada bawah layar Anda kemudian pilih Task Manager, atau ketik task manager ke dalam kotak pencarian Windows 10, selanjutnya tekan Enter. Task Manager kemudian akan muncul dengan beragam opsi atau pilihan. Namun, pastikan Anda memilih program yang sedang berjalan untuk dihentikan segera.  

Gunakan ReadyBoost untuk mempercepat cache disk 

Windows 10 secara teratur menyimpan data yang di-cache pada hard disk Anda yang akan memudahkan saat digunakan. Jika Anda memiliki hard disk tradisional dan bukan SSD, ada trik yang dapat membantu mempercepat cache Anda yaitu menggunakan fitur ReadyBoost Windows. Adapun perintah ini akan memberitahu Windows agar menyimpan data ke flash drive USB, yang lebih cepat daripada hard disk. Nah, dengan teknik mengambil data dari cache yang lebih cepat itu akan mempercepat Windows. 

Matikan tip dan trik Windows 

Saat Anda menggunakan PC Windows 10, biasanya Windows akan menawarkan tip tentang hal-hal yang bisa saja Anda lakukan dengan sistem operasi. Hanya saja, tidak sedikit pengguna yang merasa bahwa tips yang diberikan benar benar bermanfaat. Untuk itu, lebih baik Anda matikan saja tips dan trik yang disarankan oleh Windows.  

Melakukan update  

Sebagai perusahaan besar maka menjaga kenyamanan konsumen dalam menggunakan sistem operasi ini membuat Microsoft terus merilis pembaruan terbaru. Adapun Windows 10 yang dirancang sedemikian rupa memiliki fitur untuk bisa memperbaiki bug yang pada faktanya justru mengurangi kinerja sistem.  

Untuk itu, sangat disarankan agar sesering mungkin membuka menu Windows agar sistem otomatis akan langsung diupdate. Hanya saja, pastikan jika sistem operasi yang Anda gunakan benar benar asli. 

Nonaktifkan Transparansi 

Ada beberapa aplikasi atau software yang bisa membuat Windows 10 tidak bekerja maksimal. Salah satunya adalah efek transparansi yang memang digunakan oleh sistem operasional ini. Nah, untuk memastikan agar sistem ini berjalan maka dibutuhkan tenaga. Yang tentu saja akan membuat sistem berjalan lamban. Jadi, sebaiknya Anda segera menonaktifkan transparansi. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagaimana meningkatkan performa Windows 10 agar segala pekerjaan Anda bisa berjalan maksimal. Hanya saja, sebelum melakukan serangkaian langkah diatas ada baiknya menyimpan atau memback up data yang ada di komputer guna mencegah hal yang tidak diinginkan.  

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *