November 23, 2021 3:43 am

Tips Memilih Monitor Komputer yang Sesuai dengan Kebutuhan

Monitor komputer kian hari semakin dibutuhkan tidak hanya dari kalangan profesional saja, akan tetapi pengguna pribadi pun sepertinya tidak mau kalah. Adapun yang dimaksud dengan monitor disini adalah jendela yang memang diperlukan untuk mengerjakan, mengolah serta mengawasi segala kegiatan baik itu saat mengerjakan proyek maupun gedung. Nah, berbeda dengan layar TV maka perangkat keras ini lebih dipilih karena memang fitur yang ditawarkan lebih mumpuni dan optimal. 

Tidak hanya itu saja, beberapa produsen besar pun terus memperbaiki fitur dan fasilitas yang ada didalamnya sehingga penggunanya akan lebih maksimal saat memakai. Adapun monitor komputer ini sendiri memang dirancang sedemikian rupa seperti memiliki kepadatan pixel yang cukup tinggi, warna yang ditampilkan lebih akurat dan dilengkapi dengan aneka port serta masih banyak lagi.  

Lantas, bagaimana memilih monitor komputer agar pekerjaan yang dilakukan bisa maksimal? 

Menyesuaikan dengan kebutuhan kerja 

Sebagai langkah awal, maka hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan jika ukuran monitor ini sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, rentangnya antara 21 – 29 inci yang merupakan ukuran ideal dikarenakan sangat cocok untuk semua jenis pekerjaan. Mulai dari mengetik skripsi atau laporan, menonton video atau sekedar berselancar di dunia maya.  

Memilih sesuai dengan aspek sesuai kebutuhan 

Rasio aspek adalah teknik pengukuran dalam menghitung lebar dan ketinggian sebuah layar monitor. Adapun format yang ideal adalah 16:9 yang memang biasa dipakai untuk TV. Hanya saja, sejak semakin berkembangnya teknologi komputer membuat mau tidak mau layar monitor pun harus mengikutinya. Biasanya ukuran yang diberikan adalah 21:9 dimana kelebihannya adalah bisa membagi jendela dalam berbagai tab namun tampilannya tidak terlalu lebar.  

Perhitungkan resolusi yang tepat 

Monitor yang memiliki resolusi supertajam menjadi dambaan semua pengguna. Hanya saja, sudah pasti harga yang diberikan juga cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, resolusi yang terlalu tajam pun akan tidak memberi dampak berlebih jika digunakan hanya untuk mengetik atau mencatat segala laporan keuangan. Artinya, sesuaikan resolusi sebuah komputer dengan kebutuhan karena bisa saja Anda jauh lebih hemat dari segi anggaran. 

Menentukan jenis panel layar yang tepat 

Sekarang ini teknologi LCD masih dominan dipakai oleh vendor monitor yang terdiri dari tiga panel yaitu In-Plane Switching (IPS), kemudian ada juga Twisted-Nematic (TN) serta Vertical Alligment (VA). Tentu saja ketiganya ini memiliki perbedaan masing masing baik itu kecepatan refresh rate, lebar sudut pandang hingga akurasi warna. Hanya saja, kembali jika komputer hanya digunakan untuk pengerjaan yang sifatnya adminitrasi maka jenis monitor ini terlalu tinggi. 

Mengecek kelengkapan port monitor 

Perlu Anda ketahui bahwa bagian inilah yang bisa membedakan antara keandalan TV layar datar dengan sebuah monitor. Ada dua bagian yang memang wajib untuk diperhatikan yaitu HDMI dan Display Port. Nah, keberadaan HDMI ini sudah cukup baik dan mampu menghasilkan konten dengan resolusi tinggi. Oh ya, pilih jenis monitor yang menyediakan fasilitas port USB Type-C 

Demikianlah beberapa pertimbangan dalam memilih jenis monitor yang akan dibeli. Hal ini penting mengingat cukup banyak jenis monitor yang ditawarkan mulai dari ukuran, spesifikasi, harga serta brand. Yang bila tidak dibekali dengan ilmu yang mumpuni maka bisa saja Anda akan semakin kebingungan dalam menentukan pilihan. 

Yang pasti, jangan memaksakan bila tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena mereka yang sehari harinya menggunakan komputer untuk mengerjakan desain grafis pasti berbeda dengan pekerjaan yang sifatnya administrasi.  

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *