October 14, 2021 4:57 am

Yuk, Kenali Perbedaan Antara SDD dan HDD

Media penyimpanan data atau file adalah bagian dari komponen komputer yang memang wajib untuk dipertimbangkan dengan tepat. Pasalnya, alat ini adalah ‘nyawa’ bagi Anda saat menyimpan segala pekerjaan, musik, film maupun data penting lainnya. Bila asal pilih maka resiko terbesar adalah Anda akan kehilangan semuanya. Satu kondisi yang tidak diinginkan bukan? 

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak pengguna hanya lebih mengutamakan kapaitas dari sebuah media penyimpanan. Tentu, hal ini tidak salah lagi mengingat fungsi dari alat ini sendiri adalah untuk menyimpan. Akan tetapi, ada juga beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui agar jika membeli nantinya tidak salah pilih. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkannya sesuai dengan anggaran dana yang dimiliki. 

Sebelum membahas lebih jauh, maka kita akan membahas seputar apa yang dimaksud dengan SSD atau Solid State Drive. Yaitu sebuah media penyimpanan yang disusun beberapa serangkaian chip memori yang diletakkan pada papan sirkuit. Beda dengan HDD atau Hard Disk Drive dimana sifatnya masih menggunakan komponen yang bergerak. SSD sendiri menggunakan NAND flash memory atau sel semikonduktor yang berfungsi untuk menyimpan data serta mengaksesnya dengan sistem elektrik. 

Kelebihan SSD dibandingkan HDD 

Proses Booting Lebih Cepat 

Saat Anda menyalakan komputer maka proses boot terjadi sampai masuk ke log-in. Nah, jika sebuah komputer yang memiliki SSD biasanya tidak membutuhkan waktu lama atau setidaknya kurang dari 1 menit saja. Beda jika Anda menggunakan HDD maka bisa saja proses booting memakan waktu setidaknya beberapa menit. 

Membutuhkan daya yang lebih rendah 

Jika Anda menggunakan SSD maka setidaknya Anda bisa menghemat listrik. Ya, pada SSD tidak ada komponen yang harus berputar dengan mengandalkan tenaga listrik. Yang tentu saja berakibat pada tidak naiknya tagihan listrik namun daya tahan komputer semakin meningkat.  

Meningkatkan performa laptop 

SSD adalah salah satu media yang memiliki kemampuan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HHD. Bahkan perbandingannya cukup tinggi yang tentu saja sangat berimbas pada kemampuan laptop. Hal ini bisa Anda rasakan saat menggunakan satu program atau game. 

Anti bising dan lebih aman 

SSD adalah perangkat yang tidak menggunakan platter, piringan cakram atau motor atau yang bersifat magnetis. Dengan demikian, perangkat akan jauh lebih aman meski berdekatan dengan benda yang memiliki daya magnet. Keuntungan lainnya adalah komponen ini akan bekerja denngan lembut alias tidak menimbulkan kebisingan. 

Hadir dalam ukuran yang kecil 

HDD yang umum digunakan biasanya berukuran 2.5” atau 3.5” dan hadir dalam ukuran yang kecil. Sebaliknya, SSD hadir dengan ukuran 1.8” atau 1.0” tergantung dari tipe interface yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.  

Dipasaran sendiri cukup banyak model SSD dari masing masing vendor yang sudah pasti fitur dan fasilitasnya pasti berbeda. Kalau sudah begini jangan keburu pusing atau bingung dulu. Cukup banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam mencari tahu jenis SSD yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, vendor atau perusahaan yang berpengalaman sudah lama berkecimpung di bidang penyimpanan data. Mulai dari flashdisk, CD, SSD hingga HDD sehingga mereka sangat memahami model penyimpanan data yang sebaiknya digunakan 

Oh ya, lakukan perbandingan harga antara satu toko dengan toko lainnya agar bisa mendapatkan harga ‘spesial’ termasuk menyesuaikan dengan anggaran dana yang dimiliki. Jadi, tidak bingung lagi membedakan antara SSD dan HDD bukan? 

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *